-->

cara menghilangkan ngantuk saat berkendara
Kantuk adalah reaksi tubuh yang secara alami akan kita rasakan karena beberapa alasan, bisa karena kelelahan, pengaruh obat-obatan dan lain-lain. Bahayanya, Kantuk ini terkadang datang dan menghampiri kita di waktu-waktu yang tidak tepat, contohnya pada saat mengendarai Motor atau Mobil. Kegiatan berpergian dengan berkendara akan terhambat, bahkan sangat berbahaya untuk keselamatan jika dipaksakan terus berkendara dengan kondisi yang ngantuk.

Tips Mengatasi Ngantuk Pada Saat Berkendara di Jalan


Berdasarkan pengalaman, bukan melalui anjuran Dokter atau mereka yang ahli dibidang ini. Saya memiliki strategi khusus agar dapat terhindar dari rasa Kantuk yang datang saat sedang mengendarai Motor. Selain secara pasif mengurus Blog ini, saya juga memiliki kegiatan bekerja secara offline dengan shift kerja secara 24 jam. Terkadang saya masuk kerja di pagi hari, siang hari dan malam hari. Hal ini kerap kali jadi permasalahan yang menyebabkan saya mudah ngantuk saat sedang di atas Motor. Tapi untungnya, setelah sering kali merasa ngantuk saat berkendara, saya memiliki cara khsusus agar tetap terjaga pada saat di atas motor untuk tujuan sampai dengan selamat ke suatu tempat yang saya hampiri. Berikut cara-cara tersebut :

1. Berhenti Sejenak, Lakukan Olahraga Singkat


Cara pertama yang saya lakukan ketika sudah dihampiri rasa Kantuk, saya akan menepihkan sejenak kendaraan saya, lalu saya lakukan olahraga singkat seperti menggerakan leher ke kanan dan kiri, melakukan pijatan dibagian kening, terakhir melakukan remasan untuk melemaskan kembali jari-jari tangan yang tegang. Dengan cara ini ternayata sangat membantu saya untuk tetap terjaga dalam jejang waktu 30 menit kedepan pada saat ngantuk menghampiri.

2. Berhenti di Warung, Beli 1 Gelas Air dan Cuci Muka


Cara kedua yang sering saya lakukan adalah mencuci muka dengan segelas air mineral yang saya beli di warung. Cara ini saya rasakan dapat membuat mata kembali segar, kembali pada kondisi yang fit untuk berkendara. Tapi sayangnya durasi ketahanan mata untuk tetap terjaga setelah cuci muka ini hanya bertahan untuk masa perjalanan 30 menit kedepan, setelah itu saya kembali akan ngantuk.

3. Pasang Musik/Headset Genre Rock dan Metal


Walaupun sangat tidak dianjurkan mendengarkan musik pada saat mengendarai Motor atau Mobil, tapi dibalik larangan tersebut ada sisi positive yang saya rasakan di situasi ngantuk pada saat berkendara sesuai dengan topik artikel saya kali ini. Dengan mendengarkan dentuman nada yang keras ditelinga, ternyata dalam kasus ini dapat membantu saya secara pribadi untuk tetapa terjaga dan terhindar dari rasa ngantuk yang berlebihan.

4. Jangan Terlalu Fokus ke Jalan, Sesekali Lihat Pemandangan Indah di Sisi Jalan


Entah kenapa, untuk saya pribadi ketika terlalu fokus dengan jalan yang saya tempuh pada saat berkendara, saya akan mudah sekali ngantuk. Entah karena alasan bawaan tubuh atau yang lainnya, yang pasti ini fakta dari reaksi tubuh saya. Ini tips terakhir yang dapat saya berikan pada anda, agar terhindar dari kantuk, cobalah sesekali alihkan pandangan anda ke sisi kiri atau kanan selama perjalanan. Usahakan untuk melihat yang indah-indah, keramaian atau yang menarik lainnya. Secara tidak langsung dengan melakukan kegiatan yang saya sebutkan barusan, pikiran saya langsung terbebani, sehingga tidak ada waktu untuk ngantuk yang biasanya jika seseorang berfikir tidak mungkin dalam kondisi yang ngantuk atau sedang tidur, coba perhatikan secara seksama. Artinya lagi, selain melihat pemandangan yang indah, anda juga dapat membebani otak anda agar berfikir sehingga jauh dari rasa Kantuk.

Demikian artikel Planet Rahasia ini saya tulis untuk berbagai pengalaman pada anda pembaca. Harap dicatat, tips di atas berdasarkan pengalaman saya pribadi, mungkin akan berbeda rasanya jika anda lakukan pada diri anda sendiri. Yang pasti reaksi tubuh seseorang bisa saja berbeda jika mendapatkan perlakuan yang sama. Tapi tidak ada salahnya untuk anda coba, semoga bermanfaat dan dapat membantu.